Minggu, 17 Maret 2013

10 Apliksi Jaringan Komputer

Aplikasi Jaringan Komputer atau Notworking utilities sangat dibutuhkan untuk keperluan pengaturan maupun keamanan jaringan. Berikut ini daftar 10 aplikasi besar dan layanan yang menyediakan banyak fitur untuk jaringan komputer anda. Kebanyakan dari utilitas ini adalah Windows-only kecuali dinyatakan khusus. Juga, mungkin ada versi bayar jika menginginkan fitur lebih baik dari beberapa item yang tercantum di sini, tapi salah satu fitur yang disebutkan pasti tersedia dalam versi gratis.

  1. Network shares dengan NetResView. Ketika resources share jaringan bertebaran di beberapa sistem, mencatat dapat menjadi sebuah tugas melelahkan. NetResView menampilkan semua printer dan folder sharing (termasuk yang tersembunyi) dari seluruh workgroup atau domain dalam daftar komprehensif tunggal.
  2. Monitor shared files dengan ShareMonitor. Untuk mengawasi file yang Anda sharing melalui jaringan, menggunakan ShareMonitor akan memberitahu Anda ketika berkas dalam sistem Anda yang jarak jauh dibuka (dan tertutup) dan oleh seseorang.
  3. Manage network anda dengan Spiceworks. Pada Aplikasi Jaringan ini, tidak akan banyak masalah jika Anda hanya memiliki beberapa komputer jaringan, tetapi jika Anda memiliki beberapa puluh (atau ratus), Spiceworks adalah asisten yang baik. Menawarkan dan memonitor hardware dan software dalam jaringan, dan bahkan termasuk aplikasi help desk terintegrasi.
  4. Periksa network traffic dengan MyPorts 2010. Pada waktu tertentu, komputer Anda dapat menjalankan program segudang di latar belakang, masing-masing dengan beberapa koneksi jaringan terbuka. Aplikasi Jaringan MyPorts melakukan scan TCP/ IP port sistem dan memberitahu Anda proses yang sedang digunakan, alamat IP mereka yang terhubung dan program mana yang digunakan mereka untuk berkomunikasi.
  5. Indentifikasi Wi-Fi Interference dengan inSSIDer (Windows, Linux). Masalah hasil kinerja dari beberapa jaringan Wi-Fi nirkabel sering mengganggu satu sama lain dengan mencoba menggunakan frekuensi yang sama atau berdekatan. inSSIDer dapat memberitahu Anda bagaimana ramainya wilayah udara Anda, dan melakukan scan jaringan nirkabel di dekatnya dan memberi laporan antara lain saluran yang digunakan oleh masing-masing jaringan sehingga Anda dapat memindahkan peralatan Anda ke daerah dengan ruangan yang lain.
  6. Tingkatkan DNS Performance dengan NameBench (Windows, Mac, Linux). DNS latency sering bertanggung jawab atas kinerja yang buruk ketika Web browsing dan menggunakan layanan Internet lainnya. Benchmark NameBench akan merekomendasikan server DNS baru yang lebih cepat daripada yang Anda gunakan saat ini.
  7. Access passwords dari mana saja dengan LastPass (Windows, Mac, Linux). Aplikasi Jaringan Password manajer LastPass membantu Anda membuat dan mengelola password yang kompleks untuk setiap situs yang Anda kunjungi di Web. Ini tersedia untuk hampir semua sistem operasi dan browser Web yang dikenal manusia, dan ia menyimpan password online dengan aman, sehingga Anda bisa
  8. Master HOSTS file dengan HostsMan. Mengedit Windows HOSTS file dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah sistem anda dari akses alamat IP tertentu atau domain internet (misalnya mereka yang termasuk server iklan). Mengedit file secara manual dapat membosankan, tetapi HostsMan membuatnya lebih sederhana dengan secara otomatis memeriksa entri, sehingga dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan file tersebut, dan mengidentifikasi entri yang dipertanyakan yang mungkin dibuat oleh malware.
  9. Online storage dengan Gladinet Cloud Desktop Starter Edition. Jika Anda menggunakan Amazon S3, Google Docs, Windows Live SkyDrive, atau bentuk lain dari penyimpanan online, Gladinet Cloud Desktop Starter Edition akan melakukan muont penyimpanan sebagai huruf drive pada Windows Explorer sehingga Anda dapat memperlakukannya seolah-olah itu pada jaringan lokal Anda (drag dan drop file, dll) perangkat lunak ini juga akan memungkinkan Anda menjadwal, memulai, dan pause serta  melanjutkan transfer file ke dan dari komputer.
  10. Kolaborasi online dengan Microsoft SharedView. Perlu bekerja pada sebuah proyek dengan tim besar dan secara geografis? Microsoft SharedView memungkinkan hingga 15 orang-orang berbagi layar dan berkolaborasi pada sebuah dokumen. Mendukung remote copy dan paste, kursor mouse pribadi (sehingga Anda dapat melihat siapa yang menunjuk pada apa) dan kemampuan untuk melacak perubahan dokumen dalam kelompok. (Catatan: Membutuhkan Windows Live ID untuk digunakan.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar